B1A4

---비원에이포---


5 Princes Boys


Jinyoung|CNU|BARO|Sandeul|Gongchan

12 Des 2011

[TRANS/INTERVIEW] B1A4 Interview Hottracks dengan Pendatang Baru paling cemerlang

April lalu, grup pendatang baru B1A4 merilis mini album pertama mereka Let’s Fly dan sekarang mereka telah merilis mini album kedua mereka.  Mungkin itu karena para member juga ikut berpartisipasi di komposing lagunya, mereka bergerak di fase yang cepat. Jinyoung menyatakan “ketika kami tidak ada jadwal, semua member kebanyakan ngomong tentang musik. Dan sewaktu kami punya waktu, kami akan merekam lagu yang sudah kami tulis.” Daripada berkata kalau album mereka bergerak di fase yang cepat, dia berkata kalau itu dikarenakan mereka selalu berfikir tentang musik. Wawancara ini dilakukan dengan B1A4 setelah mereka merilis mini album terbaru mereka.


Q. Nama grup ini berasal dari golongan darah para member. Semuanya tau siapa yang bergolongan darah B. Tapi, karena ada juga yang tidak tau, tolong beritahu kami. Juga, siapa yang memberi ide tentang nama grup ini? Menurut kalian kalau semua member bergolongan darah A, nama grup ini akan jadi apa? 

CNU: B1A4 berasal dari golongan darah kami! Baro satu-satunya yang bergolongan darah B, yang lainnya A. Banyak orang yang bilang kepada kami kalau itu akan sangat lucu dan unik kalau kami memperkenalkan diri. Itu nggak susah kok, ada satu member bergolongan darah B dan 4 member bergolongan darah A.comes from our blood types! Baro is the only one with blood type B, everyone else is A. Itu sangat mudah. Tolong ingat kami~
Baro: Sebelum debut kami, para staff di perusahaan kami menyuruh untuk memikirkan beberapa nama untuk grup. Selama mendiskusikannya, kami cuma memutuskan untuk bermain-main dengan jenis golongan darah kami dan jadilah nama ini, sewaktu kami memberitahukannya ke staff perusahaan, mereka sangat menyukainya; mereka bilang itu sangat lucu dan unik. (tertawa)
Sandeul: Awalnya itu A4B1 tapi diputuskan kalau B1A4 lebih mudah untuk diucapkan dan menyukai ide kalau huruf “B” duluan muncul. Beberapa orang berfikir kalau nama kami terlalu mudah. (Tertawa)
Gongchan: Um.. kalau semua member bergolongan darah A,  bukankah nama kami akan jadi A5?(laugher)

Q. Judul dari mini album kalian “it B1A4”. Apa sebenarnya “it” itu?

CNU: Orang sangat banyak bilang “it bag” belakangan ini. Sesuatu yang populer, isu yang panas, sesuatu yang terus kalian perhatikan, kami mendapat ide dari situ.  “it B1A4” mengartikan bahwa kami akan menunjukkan semua orang warna dan pesona kami yang sangat unik dan jatuh cinta dengan musik kami. Juga, itu kependekan dari “It’s the B1A4”,  menyiratkan kalau cuma B1A4 yang bisa melakukan apa yang dilakukan B1A4. Kami akan bekerja keras supaya bisa menjadi “it”.

Q. Ada, lagi, sebuah lagu yang ditulis, dikomposing dan diproduseri sendiri oleh Jinyoung di Album ini. Banyak tim yang mempunyai lagu tapi diberikan oleh produser dari perusahaan atau produser yang terkenal, jadi ini seperti hal yang tidak biasa kalau punya produser di tim. Aku yakin pasti ada rasa bangga disitu.

Jinyoung: Iya, sebuah lagu yang aku tulis, susun, dan produseri masuk di album ini. Di mini album pertama kami juga ada lagu yang aku tulis dan susun, tapi kali ini aku benar-benar harus memproduksinya. Aku sangat senang dengan semua produk yang menggunakan kerja keras dan usaha didalamnya. Aku akan terus bekerja keras dan menetapkan standarku lebih tinggi supaya bisa membuat kualitas musik yang lebih bagus. Sebenarnya, aku banyak dibantu CNU dan Baro sewaktu memproduksi lagu itu; sama seperti album pertama kami, aku tidak melakukannya sendirian, Aku berfikir itu akan mustahil kalau aku tidak mempunyai member lain disebelahku. Bahkan ketika kami semua capek berlatih sepanjang hari, mereka dengan bangga menawarkan bantuan kepadaku ketika aku butuh membuat panduan untuk lagu tersebut. Aku sangat berterima kasih ke semua member.

Q. Apa saja niat atau motivasi dibelakang pembuatan lagu judul kalian?

Baro: CNU hyung dan aku menulis lirik dari lagu itu. Motifnya memberitahukan kalau hati kita ZOOM ZOOM ke orang yang kita suka dan akan terbang ke dia(orang yang kita suka) seperti sebuah roket. Kami membuat rap-nya reggae-banget dan menggunakan pengucapan yang unik untuk chorusnya (reff). Pesonanya itu ketika kamu mendengarkannya sekali, kamu mungkin akan tergoda untuk menirunya. (tertawa)
Gongchan:  Juga, kalau kamu mendengarnya dengan seksama, kamu bisa mendengar suara tembakan pistol, efek suara rocket, jeritan seorang gadis, dan banyak lagi efek suara yang lucu. Orang-orang bilang mereka awalnya tidak mengerti tapi setelah mereka mendengarnya kedua kali mereka bilang itu sangat lucu dan membuat ketagihan.
Sandeul: Tidak seperti dance pop lagu lainnya, ada pelintiran setelah sebuah pelintiran(twist). Lagu itu punya house rhytm(jenis musik) yang sangat lucu yang dimualai oleh suara Jinyoung hyung dan Gongchan yang sangat manis, kemudian berpindah ke rap unik oleh CNU dan Baro yang diikuti dengan kekuatan vokalku, kalian pasti bisa melihat sebuah warna unik yang hanya dimiliki B1A4.

Q. Apa saja lagu-lagu kalian di album ini??

Jinyoung: Aku sangat suka dan sering mendengar Euro-pop, jadi aku suka lagu ini sejak kami membuat panduannya. Aku sangat memperhatikan suaranya. (Dia tidak menyebutkan judul lagunya.. Menurutku  Wonderful Tonight) Lagu ini sangat kaya di musiknya, jadi aku sangat menyukainya.
CNU: Aku paling suka <Chu Chu Chu>. Tentu saja, aku suka semua lagunya, tapi ketika merekam lagu ini aku sangat berfikir keras dan mengeluarkan emosiku untuk lagu ini. Lagu itu secara alami membuatku merasakan banyak emosi, bahkan ketika aku tidak mencoba mencari emosi sekalipun. Lagu ini punya vintage sound yang sangat unik dengan instrumen yang ringkas daripada sesuatu diatasnya.
Sandeul: Aku suka <Chu Chu Chu~ <Chu Chu Chu> mempunyai lirik yang sangat bagus dan keseluruhan suasana dari lagu itu sangat manis. Menurutku suara unik semua member-lah yang membuat lagu itu hidup. Ditambah, judulnya sangat lucu. Ketika aku pertama kali mendengar judulnya aku tertawa dan tidak terlalu menyukainya. Tapi kurasa itu jalan yang bagus untuk membuat pacarmu yang sedang merajuk merasa lebih baik dan aku juga berfikir untuk menjadikan lagu ini sebagai lagu yang akan kunyanyikan untuk pacarku kalau aku punya pacar. (tertawa)
Baro: Aku rasa title song kami yang paling bagus! Aku merinding ketika pertama kali mendengar lagu itu. Mungkin karena itu, aku punya sangat banyak ide sehingga bisa digabungkan dengan liriknya. Tidak seperti lagu lainnya, lagu itu punya sangat banyak plintiran dan ada banyak elemen yang sangat lucu untuk membuat lagu ini tetap hidup.
Gongchan: Aku sering mendengarnya (judul lagunya tidak disebutkan….). Setiap aku mendengar lagu itu aku sangat ingin menari, meskipun liriknya termasuk sedih. Di akhir, suara tinggi Sandul hyung sangat mengagumkan. rap CNU hyung yang menenangkan juga sangat mengesankan. Lagu inilah yang memberiku banyak energi setelah berlatih sepanjang hari karena kami sangat berusaha dalam pembuatannya.

Q. Ada banyak boyband di industri musik sekarang dan B1A4 adalah bagian dari kompetisi itu. Jika kamu disuruh menjelaskan ke seseorang yang mendengarkan lagumu untuk pertama kalinya, apa yang kamu ucapkan kepadanya yang membuat kamu berbeda dari boyband lain?

Jinyoung: Kami adalah sebuah grup yang sangat serakah dalam musik. Karena kami mencintai semua jenis musik dan mempunayi gairah yang besar didalamnya, kami melakukan apapun untuk memperbaiki dirikami secara musikal, dan sebagai leader aku merasa sangat senang karena tim kami sangat bisa diandalkan. Sekedar fakta, aku ini satu grup dengan orang-orang ini. CNU dan Baro banyak berdiskusi tentang rap. Mereka konsisten dengan pembuatan rap mereka dan mereka selalu memberi saran yang diperlukan  dan sangat serius tentang itu. Tapi pada akhirnya mereka selalu saling memuji. Mereka mampu memberikan pujian satu sama lain karena ketika itu menjadi musik kami menjadi tidak memihak dan jujur seutuhnya ketika saling mengevaluasi. Sebagai contoh, Sandeul sangat serakah tentang musik. Dia selalu merasa dirinya “Aku adalah orang yang melakukan musik” jadi dia akan menjadi sangat dingin ketika memantau dirinya sendiri di panggung. Sesuatu yang tidak akan pernah kulupakan adalah ketika Sandeul menonton program I am a Singer dan sangat tersentuh kepada sang penyanyi kemudin dia cuma menelungkupkan wajahnya ke meja dan tidak bergerak untuk waktu yang lama. Dia pasti merasa kalau dia adalah orang tersebut. Dia bilang dia ingin menjadi penyanyi yang bisa mengubah perasaan orang dengan musiknya dan sangat memikirkan orang yang melakukannya.  Sandeul sudah menjadi seorang penyanyi yang fantastis tapi ketika aku melihat dia tidak pernah merasa puas sepenuhnya dan selalu memaksa dirinya untuk berlatih lebih baik, aku tidak bisa membantunya tapi hanya bisa merasa bangga terhadapnya. Gongchan mempunyai suara seperti permata, tapi itu membuatku sedih karena belum banyak orang yang tau hadiahnya.  Tapi dia bekerja sangat keras sekarang dan aku tau kalau suatu hari nanti dunia ini akan mengetahui suara indahnya. Aku sendiri bekerja keras dalam menyanyi, menulis lagu, komposing dan memproduksi. Setiap kali kami merilis sebuah album, itu memotivasiku untuk mengatur standarku lebih tinggi dan membuat kualitas musik yang lebih baik. B1A4 di komposing oleh orang-orang yang selalu bekerja keras yang mempunyai gairah untuk musik tidak seperti yang lainnya, jadi tetap perhatikan kami!
Baro: Ah! Dan kamis emua berlima mempunyai karakteristik sendiri yang sangat unik dan pesona tetapi tidak sulit untuk didekati. Kami sangat bersahabat, Aku rasa itulah pesona terbesar kami~ tidak ada seorangpun yang sangat tampan atau sejenisnya tetapi kami punya rasa seperti oppa-tetangga atau adik kalian sehingga kalian bisa merasa sangat nyaman berada disekitar kami (tertawa)

Q. Akhirnya, Ceritakan kepada kami rencana kalian kedepannya.

Jinyoung: Tekad kami dibandingkan dengan album pertama kami berbeda, karena sekarang kami mempunyai banyak orang yang memperhatikan kami dan mendukung kami. Ketika kami memproduksi album ini kami berfikir sangat keras tentang fans kami yang menunggu kami sehingga kami akan terbang tinggi. Tetap perhatikan kami.
CNU: Kami telah bekerja sangat keras untuk “it B1A4” dan sekarang akhirnya sudah keluar. Kami akan selalu mencoba yang terbaik dan bernyanyi dengan baik. Aku harapa usaha kami bisa kalian rasakan.
Sandeul: Ada lagi! Kami akan bekerja keras hingga tubuh kami hancur. Bahkan jika kami pingsan di stage! Kami hanya mengharapkan cinta kalian semua~
Baro: Tujuan untuk promosi album ini adalah menunjukkan semuanya sisi asli kami, tidak ada kepalsuan. Aku sebenarnya berkata seperti ini di radio semalam (tertawa) Ini bukan lelucon sebenarnya! Aku sangat ingin mempunyai banyak orang yang mengetahui lagu kami! Kami akan bekerja keras!!
Gongchan:
Kami kembali dengan album baru dalam 2 bulan. Hiatus kami sedikit lama… setiap hari serasa setahun. Aku sangat bersemangat dan sangat siap untuk naik ke panggung dan bertemu dengan fans kami. Terima kasih untuk semua fans yang telah menunggu kami. Kalian semua adalah Beautiful Target kami~ 
 
✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈✈

source: hottracks
trans cr: mr. Jiyoung @ AVIATEB1A4
re-upload +
Shared:
LiLFight @ BanaIndonesia

Take Out with Full Credits !
 

Tidak ada komentar: